Sarang Orang Utan di Desa Sungai Enau Ditemukan

“Enam bulan lalu, ada warga yang menemui orang utan di sekitar kawasan hutan desa kami,” kata Maryadi.

Desa Sungai Enau – Banyak yang penelitian bahwa orang utan (Pongo pygmaeus) sudah tidak ada lagi sekitar hutan-hutan yang masih tersisas di sekitar Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Peneliti selalu menerangkan bahwa, orang utan di Kalimantan Barat terdapat di Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Kapuas Hulu.

Tapi, faktanya setiap tahun selalu di temui orang utan tersesat, atau tertangkap oleh warga dekat wilayah  Kota Pontianak. Seperti Sungai Ambawang, Jungkat, Batu Layang. Padahal letaknya sangat dengan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Barat, Pontianak.

Sepertinya, banyak aktivis dan peneliti yang meniadakan keberadaan orang utan yang ada di sekitar Kota Pontinanak.

Saya, menyusuri Hutan Desa, Sungai ENau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat yang berbatasan langsung di Kota Pontianak. Saya dikejutkan dengan menemukan tiga sarang orang utan di Hutan Desa Sungai Enau ini. Saya melihat, beberapa jenis tumbuhan di kawasan hutan ini sedang berbuah, seperti pohon rotan, mahang, karet dan tanaman lainya.

Wilayah, Desa Sungai Enau, bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 45 menit dari Kota Pontianak, saya  berbincang dengan salah satu warga juga aparat Desa setempat bernama Maryadi.

Menurut Maryadi, dulu sering ditemui berbagai jenis hewan di kawasan hutan Desa Enau. Seperti rusa, beruang, trenggiling, burung beo dan orang utan. “Enam bulan lalu, ada warga yang menemui orang utan di sekitar kawasan hutan desa kami,” kata Maryadi.

Sumber

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan