Semangat Warga dan Pemerintah Desa Mengikuti Acara Musyawarah Desa

Desa Sungai Enau – Antusias warga dan Pemerintahan Desa pengikuti acara Musyawarah Desa yang diadakan di Balai Desa  Sungai Enau dihadiri oleh PLD dan Karhutlah Kabupaten Kubu Raya.

Musyawarah adalah pengambilan keputusan bersama yang telah disepakati dalam memecahkan suatu masalah. Diantara sekian banyak Negara di seluruh dunia yang memiliki tradisi berdemokrasi ialah Indonesia dalam mengambil suatu keputusan.

Masyarakat Sungai dalam kehidupannya Sudah terbiasa membicarakan persoalan-persoalan hidup secara terbuka baik secara formal maupun informal. Selain melambangkan semangat perjuangan masyarakat Desa Khususnya Sungai Enau, juga melambangkan kehidupan Rakyat Sungai Enau yang suka bermusyawarah dan Gotong Royong. Hal ini dibuktikan dengan adanya daerah yang dinamakan Parit Gotong Royong yang beralamat di Dusun Saga Desa Sungai Enau.

Sederhananya pengambilan keputusan kepala desa secara efektif dan tepat sasaran dalam menjalankan roda pemerintahan desa, bahkan hingga di era desentralisasi dipengaruhi oleh kebijakan supradesa. Desa tidak mendapatkan ruang untuk merumuskan, memusyawarahkan dan mengambil kebijakan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku, serta tidak bertentangan dengan kedua hal tersebut, dimana pertanggung jawaban ini menyangkut sumber input-oututnya.

Dengan prestasi yang didapat oleh Desa tentu ini dengan adanya campur tangan dari semua elemen masyarakat baik masukan dari warga ataupun perangkat desa yang mencari permasalahan dilingkungan setempat.Pungkas Rajali

“Dalam menjalankan Pemerintahan Desa harus sesuai degan perundang-undangan yang ada, sebagai mana temuat dalam UU desa No 6 tahun 2014”.Sambutan Tono sebagai PlD

Dalam musyawarah Desa ini disimpulkan bahwa Warga dan Pemerintahan Sungai Enau sepakat akan adanya kebijakan yang diambil diforum Musyawarah Desa. Adapun keputusan tersebut ialah Pengadaan Pah sebagai penampungan air bersih Peningkatan pemberdayaan masyarakat ditingkat Dusun ataupun RT.-(maryadi)

Facebook Comments