Terpuruknya Perekonomian Warga

Dengan kondisi susahnya mencari lapangan pekerjaan para Ibu-ibu Desa Sungai Enau  memanfaatkan lahan menanam padi secara berkala dengan tujuan menunjang perekonomian yang semakin terpuruk. Kata M. Rokib Karang taruna

Desa Sungai Enau – Melihat dari kondisi ekonomi masyarakat  Parit Pak Jawi Dusun Sunge Ano Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat.

Merosotnya harga Karet dari tahun 2012 –  2016 warga mencari pekerjaan sampingan seperti  menanam Padi, jagung dan Ubi Kayu. Dalam proses yang panjang warga mengalami beberapa Permasalahan, salah satunya yaitu hama yang mengganggu proses pertumbuhan padi, karna keterbatasan alat dan pembasmi hama, “Mereka hanya menggunakan bahan pengusir hama seadanya, mereka juga menggunakan pupuk Organik yang ada di sekitar pemukiman masyarakat . Contohnya kulit buah nanas yang di jadikan pupuk, dengan cara di awetkan selama benerapa hari, sedangkan media pengusir hama ialah bawang dan kulit jeruk”. ungkap salah satu warga.

Untuk meringankan beban perekonomian warga saya mohon pemerintah desa dan dinas-dinas terkait untuk turut aktif untuk membantu baik dibidang Teknologi maupun bantuan yang lainnya”.Pungkas Arsidi Dusun Sunge Ano

Pada Umumnya Indonesia adalah negara kepulauan yang memiliki daratan yang sangat luas sehingga mata pencaharian penduduk Desa Sungai Enau pada Khususnya, sebagian besar adalah pada sektor pertanian Dan perkebunan. Pertanian dapat dilihat sebagai suatu yang sangat potensial dalam empat bentuk kontribusinya terhadap pertumbuhan dan pembangunan ekonomi nasional. – (matyesir)

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Terpuruk perekonomian desa – maryadi1994

Tinggalkan Balasan