Begini Cara Desa Sungai Enau Menyaring Kepala Dusun

Desa Sungai Enau – Terpilihnya Kepala Desa Sungai Enau yang baru pada bulan Desember 2015, telah memberikan dampak perubahan yang signifikan terhadap Pemerintahan Desa Sungai Enau. Salah satunya adalah perombakan perangkat Desa melalui penyaringan, penjaringan dan pengangkatan Kepala Dusun se-Desa Sungai Enau, pada Kamis (17/3/2016).

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2014 Tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa dalam mekanisme penjaringan, penyaringan dan pengangkatan perangkat Desa.

Rajali selaku kepala Desa Sungai Enau membentuk panitia pelaksana, untuk melakukan penyaringan, penjaringan dan pengangkatan perangkat desa. Panitia tersebut terdiri dari masyarakat yang terdapat di lima Dusun di Desa Sungai Enau.

Peserta yang mengikuti proses penyaringan, penjaringan dan pengangkatan berjumlah 14 orang (12orang lak-laki, 2 orang perempuan) yang terdapat di semua Dusun Sungai Enau. Diantaranya adalah Dusun Sunge Ano 1 orang, Dusun Saga 4 orang, Dusun Ampening 3 orang, Dusun Jaya 4 orang, dan Dusun Padi Raya 2 orang.

Materi yang dijadikan soal tes tertulis adalah tentang pontensi Desa dan Undang-Undang tentang desa, jumlah soal tes 20 soal dalam bentuk pilihan ganda.

Tujuan materi yang diberikan oleh Kepala Desa dan panitia pelaksana adalah guna untuk menambah pengetahuan dan wawasan para calon Kepala Dusun, yang terpilih nantinya adalah merupakan Dusun yang terbaik dari masyarakat di tingkat Dusunnya masing-masing,” ungkap Rajali.

Proses pelaksanaan penyaringan, penjaringan dan pengangkatan berlangsung selama 1 hari full yang di mulai pada pukul 08.30-09.30 WIB Regestrasi dan Pembukaan, pukul 09.30-11.25 WIB pengarahan Kepala Desa, 11.25-12.30 WIB istirahat dan makan, 12.30-14.25 WIB pelaksanaan Tes, pukul 14.25-15.20 WIB Sholat, pukul 15.20-17.45 koreksi soal dan pengumuman hasil tes penyaringan, penjaringan dan pengangkatan Kepala Dusun terpilih. – (SA’UR)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan