Mari Menjaga Ke-Bhinnekaan Desa

Desa Sungai EnauDesa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya – Kalbar.

Hari ini pemerintahan presiden RI Jokowi-Jk mendengungkan tentang ke-Bhineka-an dalam upaya menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara, Rabu 4/1/2017.

Desa Sungai Enau merupakan Desa yang sangat baik untuk dijadikan contoh bagi Desa lainnya sebab kulturalisme yang ada mampu saling menghormati dan menghargai satu sama lainnya. Kemajemukan dalam bermasyarakat mampu menjaga kedamaian dan kesejahteraan bersama, hal tersebut dibuktikan dengan keberagaman Agama, Etnis, Ras, budaya dan adat istiadat mampu menjadikan lem perekat dalam kebangsaan.-Yansen Sibarani. Kepala Camat KMB

Jumlah penduduk pada Tahun 2016 berjumlah 5234 jiwa dengan pembagian penduduk  Laki-laki berjumlah 2597 Jiwa dan perempuan 2639 jiwa dengan Jumlah Kepala Keluarga sebanyak 1.503 Kepala Keluarga (KK).

Adapun Dengan data warga Desa Sungai Enau (60%) merupakan Suku Madura, 5% Suku Melayu, 5% Suku Bugis, 25% suku Dayak, 5% Campuran. Adapun penganut agama sebagian besar (75%) adalah penganut agama Islam, 20% Kristen protestan, dan 5% Budha.

Suatu prestasi yang baik bagi bapak Rajali sebagai kepala Desa Sungai Enau karena mampu menjadikan perbedaan itu prestasi dalam kerukunan dalam berbagai suku, etnis, agama, budaya  adat, dan istiadat.

Desa Sungai Enau sudah memberikan jawaban terkait dengan gejolak nasional yang dapat meruntuhkan kerukunan tersebut, ungkap Rajali.

Dalam hal ini dipertegas oleh maryadi salah satu staf di Desa Sungai Enau” Untuk mewujudkan cita-cita bangsa sebagai mana yang termuat dalam semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Semboyan ini digunakan untuk menggambarkan persatuan dan kesatuan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terdiri atas beraneka ragam budaya, bahasa daerah, ras, suku bangsa, agama dan kepercayaan, haruslah bersama-sama dengan masyarakat yang ada di indonesia pada umumnya, masyarakat Sungai Enau Pada khususnya.

Sesuai Program Kepala Desa pada saat diskusi dengan Sa’ur ketua Karang Taruna Trisakti Desa Sungai Enau bahwa pemetaan yang dilakukan nantinya berharap memberikan prestasi yang lebih besar bagi pemerintah Desa.

Maka dari itu dukungan dari berbagai elemen harus mampu menjadi dasar utama terwujudnya cita-cita ke-Bhinnika-an, – Sa’ur.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan