Ayo Manfaatkan Internet Desa

Desa Sungai Enau – Pada sosialisasi ini dijelaskan beberapa manfaat internet yang wajib untuk diketahui oleh warga desa. Yang penting khusus dunia pelajar dalam mendukung kegiatan belajar dan mengajar di sekolah yang berada di Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Jika membicarakan mengenai dampak positif dan negative, tentu semua pastinya terdapat dampak positif dan negative. Tetapi semua itu kembali pada diri masing-masing, bagaimana kita memanfaatkan internet tersebut. Tidak sedikit orang mengetahui pemanfaatan yang benar di era globalisasi ini.

Manfaat Internet Bagi Pelajar : Memperluas Wawasan Ilmu Pengetahuan yang dimiliki oleh siswa, sarana komunikasi, mempermudah mempelajari penggunaan computer, dan mencari sumber informasi yang actual dimedia sosial sesuai kebutuhan siswa. Sedangkan Manfaat bagi Masyarakat ialah : Dengan keberadaan internet dapat mempermudah pekerjaan, misalnya dalam suatu kantor untuk mengirimkan file bisa memanfaatkan surat elektronik (email) yang tentunya menggunakan internet .

Dalam hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia atau dapat disebut Kemkominfo RI, sudah membantu Desa Sungai Enau akses internet yang super canggih ini.  Ada dua kategori, yakni bisa diakses langsung oleh warga tanpa pasword (Outdoor) dan internet untuk kantor (indoor). Meski baru tiga hari internet desa ini diaktifkan, namun pengguna internet sangat lah banyak seperti  Rabu sore, 11 Januari 2016, sekitar pukul 16:00 WIB Kepala Lembaga Pelajar Islam di sekitar Kantor Desa Sungai Enau lagi mengkroscek data ujian 2017.

Kepala Desa Sungai Enau, Rajali, mengungkapkan internet yang ada saat ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pelajar dan masyarakat desa. “Dengan harapan lebih mudah dalam mencari bahan belajar bagi siswa, memasarkan hasil bumi para petani, juga saya beserta staf akan selalu mensosialisasikan kepada warga desa agar memanfaatkan internet yang telah disediakan oleh DBT (Desa Broadband Terpadu),” ujar Kepala Desa Sungai Enau, Rajali, Rabu, 11 Januari 2017, di Kantor Desa Sungai Enau.

15978474_690230861163549_1798955370_n
Paparan Kepala Desa Sungai Enau
Peningkatan kesadaran dalam menggunakan internet sangat perlu dilakukan agar memberi pencerdasan bagi masyarakat Desa Sumgai Enau. Terutama untuk pemuda, selama ini memang banyak yang salah dalam pemanfaatan internet. “Harapan saya Kepala Desa mampu mengarahkan masyarakat lebih bijak lagi dalam menggunakannya. Desa merupakan komponen yang komplit apalagi dengan website desa akan lebih memudahkan masyarakat dalam mempublikasikan terkait potensi desa atau pun hal-hal yg terdapat di desa,” kata Ketua Karang Taruna Trisakti Desa Sungai Enau, Sa’ur. (Maryadi).
Facebook Comments

5 Comments

Tinggalkan Balasan