Musrembang Desa Sungai Enau 2017

Desa Sungai Enau – Musrembang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrembang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa.

Musrembang Desa Sungai Enau
Acara Musrembang 25 Januari 2015 Pukul 10:00

Musrembang ini Dihadiri oleh Kepala Camat Kuala Mandor B (Yansen Sibarani), Kepala Puskesmas Kuala Mandor B, BABINSA, Babinkamtibmas Sungai Enau. Rabu ,25/1/2017 Pukul 10:00 Sampai jam 14:00.

Forum perencanaan (program) yang dilaksanakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa, bekerja sama dengan Dusun, RW, RT, dan warga . Kegiatan Musrembang ini dilaksanakan di aula Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Setiap tahun pada bulan Januari didesa Sungai Enau diselenggarakan musrembang untuk menyusun Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP Desa). Penyusunan dokumen RKP Desa Sungai Enau diikuti warga, dengan penyusunan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APB Desa). Kedua dokumen ini tidak terpisahkan, dan disusun berdasarkan musyawarah dan mufakat yang dilaksanakan pada hari sabtu, 22-10-2016. Hal ini bertujuan sebagai  dokumen dan infomasi publik. Pemerintah desa Sungai Enau merupakan lembaga publik yang wajib menyampaikan informasi publik kepada warga masyarakat. Keterbukaan dan tanggung gugat kepada publik menjadi prinsip penting bagi kemajuan desa Sungai Enau.

Dalam musrembang ini sedah dipaparkan oleh salah satu staf desa mengenai rencana pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun 2017.

Usulan-usulan ini akan aditindak lanjuti oleh Tim 9 Penyusunan RKP desa.Waga minta “Saya berharap usulan-usulan kami dapat terealisasi dengan lancar serta sesuai dengan  RAB yang ditentukan dalam usulan”, Ijar

Sambutan Kepala desa Sungai Enau mengatakan” Dalam menjalankan program kerja desa padda tahun 2017 tidak lepas dari usulan dari masing-masing dusun, Maka dari itu saya minta kepada semua pihak agar bekerja sama untuk mengawal perjalanan program pembangunan tahun ini, agar terlaksana dengan efektif”.- Rajali

Hal ini dipertegas oleh Kepala Camat Kuala Mandor B kabupaten Kubu Raya “Terealisasinya suatu usulan dari warga tentu berdasarkan ketentuan dan perundang undangan dari desa bahkan dari pemerintah daerah” Yansen Sibarani

Misal, dalam usulan Lapangan bola volly karang taruna, harus melampirkan surat Hibah yang sah, juga usulan sekolah dan masjid,”tegasnya.

_Maryadi

 

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan