Kunjungan Kerja Komisi II DPRD Kabupaten Kubu Raya di Sambut Baik oleh Kepala Desa dan Masyarakat

Kunjungan Kerja Komisi II DPRD KKR Ke Desa Sungai Eanu, 22 Maret 2017
Kunjungan Kerja Komisi II DPRD KKR Ke Desa Sungai Eanu, 22 Maret 2017

Desa Sungai Enau – Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Kubu Raya, mengadakan kunjungan kerja ke Desa Sungai Enau, Kecamatan Kuala Mandor B. Maksud/tujuan kunjungan kerja ini adalah sebagai wadah untuk berdiskusi lansung dengan kepala desa, kelompok tani, dan masyarakat, khususnya yang menyangkut bidang peningkatan sektor ekonomi masyarakat desa. Desa Sungai Enau dijadikan pilihan karena ada potensi desa yang masih banyak yang tidak terkordinir dengan baik oleh pemerintah desa dan masyarakat sekitar , dimana pendapatan asli desa lebih banyak berasal dari sektor Pertanian dan Perkebunan. Kedatangan rombongan Anggota DPRD Kubu Raya tersebut disambut hangat oleh Kepala desa Sungai Enau dan Masyarakat Desa, dengan didampingi Kepala Kecamatan Kuala Mandor B, Kepala Dinas Kubu Raya, dan PLD kecamatan. Rabu 22 Maret 2017.

“Saya turun langsung seperti ini untuk memastikan keadaan pertanian dan perkebunan desa Sungai Enau apakah membaik seperti yang diinginkan PEMKAB, sekaligus akan mengawal Rumah Produksi yang diajukan Desa sebelum musrembang kecamatan 2017, serta melakukan mengawal pemanfaatan bantuan yang diberikan oleh pemerintah daerah’. Saya ingin program pembangunan sektor ekonomi benar-benar sampai ke masyarakat,” komisi II DPRD KKR

Sebelum kita membicarakan dalam peningkatan hasil perkebunan dan pertanian kita harus mengetahui berapa luasan kebun pertanian, perkebunan, hutan produksi, hutan lindung dan lain-lain. Maka untuk mengetahui potensi desa atau pun luasan potensi desa maka diperlukannya Pemetaan Potensi Desa dengan tujuan agar mengetahui potensi yang ada di desa ini” Pendapat Maryadi. DPRD Komisi II menanggapi hal ini “pendapat ini bisa ditintak lanjuti, dalam mengemukakan potensi desa tidak boleh secara teoritis namun juga kita harus bisa mengetahui secara faktual dilapangan agar tepat dalam membicarakan potensi, dan juga lebih gampang mempersentasikan kepada PEMKAB ataupun Instansi Lainnya” Usman/Eeng.

Banyak yang didiskusikan oleh DPRD KKR dengan warga, Baik di Bidang Pertanian dan perkebunan ada juuga yang menanyakan infrastuktur sebagai mobilitas warga untuk memasarkan hasil panen warga “selain dibutuhkannya Rumah produksi sebagai pengelolaan hasil Perkebunan, kami juga membutuhkan jalan sebagai sarana untuk memasarkan hasi bumi desa” ungkap Rajali Kepala Desa. Benar, dipertegas oleh Kepala Camat Kuala Mandor B “bahwasanya dalam meningkatkan liningsektor ekonomi masyarakat, harus ada pendukung , baik infrastruktun atau pun yang lainya, untuk tahun 2017 ini Desa Sungai Enau mendapatkan suntikan dana sebesar 7,5 M untuk jalan poros Desa sungai enau menuju Desa Kuala Mandor B”, Yansen Sibarani.

Dalam kunjungan komisi II ke Desa Sungai Enau mendeklarasikan akan membantu mengawalan Rumah Produksi yang diajukan Desa kepada pemerintan daerah Kabupatan kubu Raya khususnya Dinas Pertanian. Tidak hanya itu namun dalam kunjungan kerja anggota Dewan ini mengunjungi lokasi kebun Talas Hitam yang ada disekitar Kantor Desa, banyak yang didiskusikan setelah berada ditengah-tengah hamparan kebun Talas/Keladi.Video

Setelah berdiskusi bersama salah satu petani mengeluhkan “kadang manajemin pendapatan dan pengeluaran tidak terkontrol dengan baik sehingga hasilnya pun tidak tentu, ditambah lagi dengan serangan hama keladi yang bermacam-macam, kegagalan panen pun sering dialami,” Ujar Kangkog petani.

Maryadi

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. Menanam Sahang Yang Berkualitas

Tinggalkan Balasan