Paparan/ Ekspose dan Penilaian Tahap II Lomaba Desa Tingkat Kabupaten 2017 sudah dilaksanakan

Desa Sungai Enau Ikuti tahapan II lomba desa tingkat Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, rabu 29 maret 2017
Desa Sungai Enau Ikuti tahapan II lomba desa tingkat Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, rabu 29 maret 2017

Desa Sungai Enau – Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa Dan Kelurahan sebagai Pengganti Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2007 tentang Pedoman Penyelenggaraan Perlombaan Desa dan Kelurahan, maka Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat meyelenggarakan Perlombaan Desa tingkat Kabupaten Tahun 2017. Gelar Paparan/Ekspose dilaksanakan pada hari Rabu, 29 Maret 2017 bertempat di Ruang Aula Rapat DSPMD Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Kepala Dinas Sosial dalam sambutannya yang disamapaikan langsung oleh dr.Nusyam Ibrahim.M.Kes mengatakan bahwa Lomba Desa dan Kelurahan sangat penting karena sebagai sarana untuk menilai keberhasilan pembangunan desa yang dilakukan secara terarah, terkoordinasi terpadu dan berkelanjutan. Sejalan dengan berlakunya Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 244, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5587), maka pelaksanaan Pemerintahan Desa dan Kelurahan haruslah selaras dengan prinsip otonomi daerah. Di mana pembangunan masyarakat desa dilaksanakan dengan pendekatan atau mode pembangunan partisipatif yaitu adanya keterlibatan peran serta seluruh lapisan masyarakat.

Adapun Peserta Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Tahun 2017 adalah:

1. Desa Pancaroba Kecamatan Sungai Ambawang
2. Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B
3. Desa Teluk Bayur Kecamatan Terentang

Dalam Paparan/Ekspose lomba desa tingkat Kabupaten Desa memaparkan hal-hal yang berkaitan dengan penilaian. Adapaun hal-hal yang berkaitan dengan tahapan paparan/ekpos ialah:

A. Materi Penilaian

– Keberhasilan pelaksanaan proram pemberdayaan masyarakat dan Desa;
– Inisiatif dan kreatifitas desa dalam pemberdayaan masyarakat dan Desa;
– Tingkat kepatuhan terhadap kebijakan penyelenggaraan pemerintah;
– Kinerja Kepala Desa beserta perangkatnya dalam pelaksaan tugas dibidang pemerintahan, dan kemasyarakatan;
– Prestas-prestasi yang diraih oleh desa.

Dalam gelar Ekspose Perlombaan Desa Tingkat Kabupaten Kubu Raya Tahun 2017 masing-masing Kepala desa diberikan waktu selama 30 menit untuk memaparkan gambaran umum tentang desa, Potensi Desa, serta keberhasilan program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Penggerak PKK Desa diberi waktu 10 menit terkait pelaksanaan 10 (sepuluh) program pokok PKK beserta sesinergian dengan program pemberdayaan masyarakat di desa. Sedangkan Kepala Kecamatan dan PKK kecamatan diberi waktu 10 menit untuk memaparkan tentang peran serta Kecamatan dalam pembinaan kepada desa.

Paparan Kepala Desa Sungai Enau “Keberadaan Desa Sungai Enau dalam menjalankan Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan. Hal ini tiada lain adalah untuk mensinergiskan seluruh kegiatan, baik yang datang dari usulan masyarakat maupun yang datang dari tingkat Kecamatan atau pun dari tingkat Kabupaten Kubu Raya, sehingga dalam pelaksanaannya memperoleh dukungan serta bekerjasama untuk peningkatan pembangunan di segala bidang. Pembangunan yang dijalankan oleh Pemerintah Desa Sungai Enau tidak terlepas dari peran serta komponen masyarakat yaitu Pemerintah Desa, BPD ,Karang Taruna,PKK, dan LPM”, Kata Rajali Kepala Desa Sungai Enau.

“kami berharap desa Sungai Enau diberi kesempatan untuk mewakili kabupaten dalam lomba desa tingkat Provinsi” Kata Tono PLD Kecamatan Kuala Mandor B.

Hasil paparan/ekspose yang berlangsung akan diumumkan dalam waktu dekat ini, 3 (tiga) kepala desa akan diundang kembali untuk menghadiri pengumuman tersebut.

-Maraydi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan