Menanam Sahang Yang Berkualitas

kebun Sahang/Lada milik warga desa sungai enau
kebun Sahang/Lada milik warga desa sungai enau

Desa Sungai Enau – Berasal dari kalangan petani di Dusun Jaya Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya provinsi Kalimantan Barat, Ibu Evi yang sejak kecil bersama orang tuannya berprovesi sebangai petani dan pekebun terutana kebunan sahang/lada ini memahami karakteristik tanaman yang dikenal sebagat bubu dapur dan obat-obatan.

Dalam menanam sahang ini beberapa kali mengalami kendala seperti pada musim kemarau ibu evi harus ekstra rajin untuk menyirami tanaman sahang tersebut, minimal dua (2) kali dalam sehari di pagi hari dan sore hari, setra serangan penyakit yang membuatnya resah.

“Untuk mengatasi kekeringan ini seharusnya dilakukan pembersihan parit atau membuat saluran drainase sehingga air parit dapat menampung air lebih lama”. Kata Maryadi

Dua hari yang lalu, senin 24 April 2017 melakukan diskusi dengan salah satu penggiat tanaman lada Ibu Evi mengatakan “untuk menghasilkan yang berkualitas yang lebih bagus kami sering melakukan sendiri beberapa percobaan untuk mengetahui jenis bibit yang bagus, termasuk tiang penyanggah pohon sahang/lada yang kuat dan tahan lama”

Agar mengtahui ketahanan bibit yang ditanam ibu menggunakan beberapa jenis bibit sehingga dapat mengetahui jenis penyakit yang menyerang tanaman lada, salah satunya penyakit kuning pada daun yang menjadi permasalahan bagi petani lada .

Jenis penyakit ini sangat merepotkan para petani yang ada di Desa Sungai Enau sampai sekarang masih belum menemukan cara mengatasi hal tersebut.

Dari salah satu warga meninjau langsung salah satub kebun milik warga yang ditanam sekitar 170 pohon di dusun jaya degan lahan seluas 2 hektar, Selain itu juga warga menanam bibit yang akan menanam sebanyak 300 bibit lada.

Pada kesempatan ini, ia minta agar Kepala Disnas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya bersama PEMDES KKR, dan Kepala Badan Ketahanan Pangan KKR”Agar lebih memperhatikan petani dan perkebunan, entah melakukan pendampingan secara intensif atau dengan cara yang lain, sehingga mendapatkan hasil yang diinginkan oleh warga Kubu Raya Khususnya Desa Sungai Enau” Rajali Kepala Desa.

Maryadi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan