Focus Group Discussion (FGD) 2017

Focus Group Discussion (FGD) Selasa (10/10)
Focus Group Discussion (FGD) Selasa (10/10)

Focus Group Discussion (FGD) terkait dengan kegiatan Assessment program pendampingan penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu 2017 bertempat di Aula Kantor Desa Sungai Enau Kecamatan Kualamandor B, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (10/10).

Peserta yang hadir terdiri dari pemerintahan desa, Kelembagaan karangtaruna Trisakti, Tokoh Agaman , perwakilan dari masyarakat. Mereka sangat antusias dalam mengikuti diskusi tersebut, memberi informasi seputar desa.

Kegiatan FGD ini semua  kelembagaan yang diundang diberi ruang untuk mengutarakan pendapatnya, baik untuk keperluan pertanian, air bersih, dan juga pelayanan masyarakat pun di bicarakan diacara tersebut.

Pandangan umum masyarakat terkait sistem yang terapkan pemerintah dlm menjalankan program pada tahun 2016-2017 sejak kades yang baru menjabat ?

Demi : Peningkatan pelayanan yg lebih intens dalam membangun administrasi, Pendidikan baik, akan tetapi tenaga pengajar masing-masing sekolah negri, karena tenaga pengajar Empat orang yang PNS sedangkan seharusnya sembilan tenaga pengajar. Kami minta pertian dari pemerintah agar dapat memberikan pengajaran yang lebih optimal.
Tono : Usaha pemahaman terhadap masyarakat di Pemerintahan desa mengenai hak dan kewajiban, agar tidak ada kesalah pahaman dari masyarakat.
Hamid : masukan dan rekomendasi terhadap beberapa potensi di masyarakat desa, tentang birokrasi yang perlu diperhatikan agar tidak tumpang tindih dalam peran pelaksanaan pelayanan lebih di tingkatkan. Katanya

Materi atau topik yang dibahas dalam pertemuan ini serta yang bertindak selaku unsur pimpinan musyawarah dan narasumber, antara lain:

Materi Bahasan

1. Sosialisasi Program Pedampingan Penyelenggaraan Desa Broadband T rpadu 2017
2. Diskusi mengenai pemanfaatan sarana dan prasarana TIK dan sasaran kebutuhan asar desa.
3. Sosialisasi rekrutmen pen uluh desa.
4. Identifikasi profil Desa  Sungai Enau, tipologi desa dan strategi pengembangan desa.

Adapun beberapa hal yang dihasilkan dari kegiatan Focus Group Discussion (FGD) ini diantaranya:

1. Tersosialisasinya Program Pedampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu 2017
2. Adanya pembahasan dan kesepakatan yang terdiri dari:
a. Deskripsi mengenai profil desa
b. Desa Sungai Enau termasuk ke dalam tipe Desa Berkelanjutan
c. Strategi pengembangan desa
3. Ditetapkannya calon penyuluh desa

Focus Group Discussion terkait dengan kegiatan Assessment Program Pendampingan Penyelenggaraan Desa Broadband Terpadu 2017 ini bertujuan untuk memperjuangkan hak progatif masyarakat.

Tim PSP3 IPB (Sahril Ilhami) mengatakan “Desa Sungai Enau termasuk ke dalam tipe Desa Berkelanjutan , nah untuk mencapai ke desa yang maju tinggal sedikit lagi, maka dari itu desa dan semua elemen masayarakat harus harus bekerja sama guna meningkatkan kemajuan desa” Katanya.

– SA’UR

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan