Muhadhoroh ( Kegiatan Pengembangan Bakat ) dan Pagelaran Pentas Seni dan Budaya

    Desa Sungai Enau – Muhadhoroh atau Pengembangan Bakat adalah salah suatu kegiatan  Pembinaan, latihan, dan puncaknya dipertunjukan disetiap malam selasa setiap minggunya dipentas mini yaitu Pentas Meraih Mimpi yang terkadang juga ditempat kami  didesa sungai enau disbeut “PENTAS HIDUP” karena disinilah satu-satunya Desa dikabupaten  Kubu Raya bahkan mungkin di Kalimantan Barat yang memiliki pentas aktiv (pentas hidup) yang tidak pernah sepi dari berbagai atraksi pertunjukan bakat para Pemuda khususnya para siswa mulai dari tingkat MI/SD, MTs/SLTP, hingga tingkat SMK/ SLTA yang dilaksanakan rutin setiap minggu tepatnya pada malam selasa di Halaman Lembaga Pendidikan Nurul Ulum Dusun Jaya Desa Sungai Enau.

   Dengan adanya kegiatanya ini maka para pemuda khususnya siswa-siswi dapat dengan mudah serta cepat dalam mengembangkan bakatnya. Selain itu kegiatan ini adalah salah satu pembentukan karakter yang sangat positive bagi generasi masa depan. Terbukti siswa yang sudah mengikuti kegiatan ini minimal 2 (dua) kali maka mereka sudah memiliki mental untuk tampil didepan public (umum) bahkan mereka juga akan mulai belajar bertanggung jawab menerima tugas kelompok  serta gigih dalam mengasa kemampuan dan bakatnya sehingga tidak lagi punya kesempatan untuk melakukan hal-hal yang kurang baik dan kurang tepat  (kegiatan niegativ) baik itu disekolah mapun dirumah.

   Disisi lain dampak dari kegiatan maka masyarakat juga dapat terhibur, menyaksikan berbagai pertunjukan dengan gratis alias murah namun meriah , salah satunya adalah :

  1. Hiburan yang ditampilkan :
  2. Orgen Tunggal Al-Azka dan Band The Teachers yang dibentuk oleh siswa sendiri.
  3. Sholawat dan Hadrah
  4. Pengembangan Bakat :
  5. 3 (tiga) Bahasa
  6. MTQ dan MSQ
  7. Pidato 3 (tiga) Bahasa yaitu bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Daerah.
  8. Puisi mencakup :
  • Musikalisasi Puisi
  • Dramatisasi Puisi ( Puisi Teater )
  • Puisi Kaloborasi ( puisi yang yang dibuat oleh siswa yang meliputi unsur: pembaca puisi, music, drama, dan lagu ).
  1. Pantomim
  2. Bix Box (Big Box).
  3. Tari meliputi :
  • Tari Bebas untuk anak-anak tingkat TK-MI/SD.
  • Tari Daerah untuk tingkat SMP/SLTP sampai SMK/SLTA. ( semua Tari Daerah disini dipelajari kemudian dipertunjukan agar masyarakat khususnya pelajar masih ingat dengan tari daerah yang ada diindonesia.
  1. Pertunjukan ( Drama ) / Teater. yang temanya terkadang berkaitan dengan Sosial, budaya dan tentang pendidikan.
  2. Drama Musikal.
  3. Karaoke ( Pengembangan olah Vokal ).

   Kegiatan Muhadhoroh atau Pengembangan Bakat Pentas Meraih Mimpi ini dirintis sejak tahun 2010 oleh Para Guru-guru yang didukung oleh masyarakat sekitar yang ada ditempat kami Khususunya dilembaga Pendidikan Islam  Nurul Ulum Dusun Jaya Desa Sungai Enau. Yang awalnya hanya untuk mengasa serta memperdalam kegiatan-kegiatan untuk dilombakan saja, seperti Lomba Pidato, puisi, tari,  dan MTQ namun setelah beberapa tahun berjalan kegiatan ini mulai berkembang dan diminati oleh berbagai kelompok dan status bahkan yang terlibat bukan hanya pelajar tapi para pemuda dan masyarakat sehingga pada tahun 2012 dibuatlah Pentas Mini “ Pentas Meraih Mimpi “ atau Pentas Hidup, yang kesemuanya didirikan dengan gotong royong dan swadaya masyarakat baik itu bahan dan pekerjaannya. Tujuan Pembuatan Pentas ini adalah agar masyarakat yang menonton tidak hanya masyarakat sekitar saja tapi masyarakat luar juga bisa ikut meramaikan, menonton atau menyaksikan kegiatan ini.

   Sehingga  saat ini pentas yang kami dirikan sudah menjadi syimbol bagi tempat kami sebagai tempat Kawasan Kesenian dan Kebudayaan  tidak hanya menghibur masyarakat sekitar namun kegiatan dan Pentas ini sudah banyak mencetak berbagai Seniman Muda dan  Juara di setiap ajang Perlombaan baik ditingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten. namun tujuan besar kegiatan ini adalah pengembangan bakat, pembentukan karakter dan pelestarian seni  dan budaya.

  Tindak lanjut dari kegiatan tersebut maka pada tiap akhir semester pembina, seniman dan pemuda sekitar mengadakan lomba  antara pelaku (actor) kegiatan Muhadhoroh atau Pengembangan Bakat itu sendiri dan puncaknya pada setiap akhir tahun para Pelaku Kesenian tersebut mengadakan acara akbar “ PENTAS MERAIH MIMPI”, dengan membuat lagi Pentas Besar dengan bergotong royong dan semua property adalah hasil swadaya  masyarakat sekitar dan kemudian diawali dengan lomba School Meeting (lomba antara sekolah) baik lomba  jasmani maupun lomba rohani yang meliputi kegiatan-kegiatan yang ada dimuhadhoroh kemudian malam puncak  ditutup dengan Pagelaran Pentas Meraih Mimpi dan hiburan  yang meliputi Drama Musikal, Tari, Orgen Tunggal,Band dan atraksi-atraksi lainnya. Yang memiliki jumlah penonton ribuan orang.

   Dengan rentetan kegiatan-kegiatan diatas tersebut harapan kami selaku seniman lokal dapat memberi motivasi, gambaran serta berbagai pengalaman bagaimana kita merintis, membentuk pola piker dan karakter, serta membina generasi muda agar selalu berimajinasi, berkreasi sehingga kemudian bisa menjadi manusia berprestasi dan siap memimpin negeri ini. Mudah-mudahan kegiatan ini bisa memacu setiap seniman local disetiap wilayah didusun kami didesa sungai enau sehingga  nantinya disetiap dusun didesa sungai enau memiliki pentas hidup untuk bisa sama-sama mengkaderisasi, melaksanakan, menghidupkan kegiatan pembentukan karakter dan pentas seni budaya tersebut.

  Salah satu Hasil besar dari Pembinaan serta kegiatan ini maka para pelaku (actor seni budaya) kegiatan muhadhoroh tersebut seringa dapat undangan manggung atau mengisi acara baik acara pernikahan, acara hajatan, dan acara social serta pemerintahan dan lainnya didesa kami sendiri maupun didesa lain bahkan terkadang ada  yang mengundang  dari luar kabupaten.

   Alhamdulillah pada tahun 2017 berkat dorongan perangkat-perangkat desa maka  Pemerintah Desa Sungai Enau mengapresiasi kegiatan tersebut bahkan sudah menganggarkan untuk kegiatan Kesenian dan Kebudayaan tersebut untuk tingkat desa namun memang masih belum terlaksana dikawasan Pemerintah Desa berkaitan dengan anggaran  Tahap 2 yang sampai detik ini belum cair. namun info bagusnya lagi Pemerintah Desa melalalui (Kepala Desa) juga akan menganggarkan dengan skala besar pada tahun 2018 nanti yang meliputi Rencana Pembangunan Pentas Seni Budaya, Gedung serbaguna, dan kegiatan pagelaran seni dan budaya.

    

Facebook Comments

2 Comments

Tinggalkan Balasan