MENJAGA HUTAN BERARTI MENJAGA MASA DEPAN

Jelajah Hutan
Jelajah Hutan

Desa Sungai Enau –  Ayo Lestarikan Hutan Kita.

Hutan adalah salah satu yang memiliki peran penting dalam lingkungan, baik itu didesa, dinegeri maupun didunia. Hutan adalah salah satu keseimbangan kehidupan, tanpa hutan maka berbagai aktivitas kehidupan akan gersang bahkan akan mudah tertimpa bencana. oleh sebab itu Pemdes Sungai Enau  terus berusaha dan berupaya untuk menjaga  hutan yang masih tersisa didesa sungai enau bahkan akan membebaskan hutan dari pihak individu menjadi hutan lindung bahkan berencana akan menjadikan hutan salah satu sebagai kawasan wisata.

Niat besar itu tentunya tidak mudah, banyak tantangan dan persoalan yang harus dihadapi dan diselesaikan, butuh perjuangan dan kekuatan serta biaya yang besar untuk tujuan yang besar itupula karena  hutan didesa sungai enau sudah banyak dimiliki perorangan hal itu membuat Pemdes Sungai Enau kesulitan harus tepat bermidiasi, berkonsolidasi serta harus sering-sering memberi pemahaman dan wawasan kepada masyarakat tentang fiungsi dan peran penting hutan untuk lingkungan. Dan upaya-upaya itu sudah mulai dilakukan  sehingga Pemdes Sungai Enau berharap hutan tidak lagi dibakar untuk kepentingan Perluasan Kebun Sawit apalagi kepentingan Individu yang berskala besar dan terus-menerus untuk diambil keuntungan pribadi.

Pemdes Sungai Enau menyadari jika hutan kita biarkan dikelola oleh individu maka suatu saat lambat laun hutan akan habis, baik itu dijadikan Kebun Sawit maupun ditebang liar untuk dijual oleh orang pribadi sehingga 10 -20 tahun mendatang anak cucu dan generasi selanjutnya tidak akan lagi mengetahui  apa itu hutan secara fisik dan apa itu pohon  secara pasti bahkan kita tidak akan lagi menjumpai hewan-hewan mungil yang berada didalamnya.

Terbukti kawasan yang masih memiliki hutan hingga kini masih terasa asri, subur dan tentunya segar tanpa bencana. lebih dari itu air masih terus mengalir dengan seimbang tidak membanjiri maupun tidak pernah kekeringan diwilayah tersebut ini menandakan peran hutan begitu sangat penting. Manfaat lain bagi masyarakat adalah ketika memiliki hajatan dan acara baik pembuatan pentas, tenda bahkan untuk rumah berskala kecil tidak akan kesulitan mendapatkannya.

Pemdes Sungai Enau tidak bisa bekerja sendiri dalam hal ini,  harus ada dorongan dan dukungan dari Pemerintah Daerah maupun Pemrintah Pusat dan lebih-lebih kesadaran masyarakat tentang menjaga hutan agar tetap bertahan untuk generasi mendatang.

-Penulis SABRI atm

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan