TAHUN 2018 PEMBANGUNAN (INFRASTRUKTUR JALAN) MASIH MENJADI PRIORITAS UTAMA PEMDES SUNGAI ENAU

-Sungai Enau-Pembangunan atau Pemberdayaan Pri0ritas Tahun 2018?

Kebijakan 2017-2018 dan Implementasi Penyaluran Dana Desa Dari “Membangun Desa menjadi Desa Membangun”. Hal ini sangat menarik, memberikan magnet untuk masyarakat agar lebih aktiv dalam membantu suksesnya pembangunan didesa. Formula yang disajikan oleh pemrintah ini sangat luar biasa dan tentunya bermanfaat baik secara pelaksanaan dan pembentukan pola pikir dalam hal membangun dari pinggiran. Namun ada juga bebarapa hal yang membuat desa dikabupaten Kubu Raya umumnya di Kalimantan Barat mengalami kesulitan dan sangat berat untuk melaksanakan Rencana Kebijakan Dana Desa Tahun 2018. yang mana dibeberapa kesempatan selalu disampaikan oleh Pemerintah Pusat melalui Pemda, Kemenkue, dan Kemendes bahwa Dana Desa Tahun 2018 70% diperuntukan untuk Pemberdayaan dan 30% untuk Pembangunan yang mana hal ini kebalikan dari kebijakan pada tahun 2016 dan 2017 yang mana 70% untuk Pembangunan dan 30% untuk Pemberdayaan.  Dengan demikian pemerintah berharap bahwa 2018 disetiap desa akan mulai memperkuat Pelaku perekonomian dan menciptkan potensi-potensi serta berbagai program produk-produk unggulan baik melalui BUMDES mapun Melalui Kelompok Perekonomian, Pertanian dan Perternakan sehingga kedepan Desa tidak hanya bangun Infrastrukturnya saja akan tetapi sejahtera masyarakatnya juga.

 

Namun wilayah Kalimantan Barat khususnya Kabupaten Kubu Raya terutama Desa Sungai Enau sangatlah minim dalam Infrastruktur Jalannya, beda dengan dipulai jawa yang mana disetiap desa sudah memiliki jalan yang baik dan tidak becek sehingga memang cocok untuk formula Kebijakan Dana Desa Tahun 2018, beda dengan desa yang ada diKabupaten Kubu Raya, disungai enau saja masih banyak sekali disetiap Dusun Jalan-jalan lingkungan yang sangat hancur, becek, berlumpur karena belum pernah tersentuh pembangunan sama sekali sehingga memperlambat perkembangan, kemajuan perekonomian masyarakat, belum lagi jalan-jalan yang sudah mulai rusak parah yang harus direhab, ditambah jalan poros yang masih banyak belum terbangun yang menyulitkan akses dari desa menuju Kantor Desa bahkan menuju Kabupaten dan Kota. Dengan pertimbangan itu maka tentunya kebijakan Dana Desa Tahun 2018 yakni 70% Pemberdayaan dan 30% Pembangunan belum bisa dilaksanakan di Desa kami Desa Sungai Enau umumnya Desa di kabupaten Kubu Raya yang memang Rata-rata terletak dipesisir, dipedalaman dan kebanyakan ditanah gambut.

Dari pejelasan diatas maka kesimpulannya Pemdes Sungai Enau sangat mndukung sekali Program-progran dan kebijakan Pemerintah Pusat dari “ Membangun Desa menjadi Desa Membangun” namun dalam kebijakan  Pembagian Prioritas Penggunaan Dana Desa , Desa Sungai Enau dengan tegas menyampaikan sangat berat dan tidak seuju jika tahun 2018 harus 70%  untuk Pemberdayaan dan 30% nya untuk Pembangunan, dengan pertimbangan Infrastruktur didesa sungai enau masih banyak yang belum terbangun sehingga Pemdes Sungai Enau masih Fokus 70% untuk Pembangunan dan 30% untuk Pemberdayaan. Dan target kami Tahun 2019 Pembagunan Jalan Lingkungan  90% bisa tuntas barulah bisa focus ke Pemberdayaan.

-atm

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan