Banjir Mengancam Ekonomi Desa

Foto Anak-anak Punya Kolam Berenang Baru
Foto Anak-anak Punya Kolam Berenang Baru

Desa Sungai Enau – Halam rumah menjadi kolam berenang anak-anak, RT 003 RW 003 Dusun Saga Desa Sungai, Kecamatan Kuala Mandor B. Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat, Sabtu, 13/01/18.

Sejak hari Kamis tanggal 11 Januari 2018, pukul 21:15 Wib, hujan tidak kunjung berhenti sampai hari ini tanggal 14 Januari 2018. Sudah empat (4) hari warga Desa Sungai Enau diguyur hujan alhasil masyarakat Desa tidak bisa melakukan aktifitas seperti biasanya.

Ibu Yanti, salah satu warga masyarakat Desa Sungai Enau di RT 003 RW 003 mengakui kalau musim hujan yang terjadi saat ini berbeda dengan musim hujan biasanya. Memang Bulan Desember, Januari dan Februari adalah musim hujan akan tetapi tidak seperti tahun ini yang semakin parah.

Suri anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mengatakan, musim hujan kali ini dibarengi dengan air pasang sehingga rumah warga Desa hampir semua digenangi air. Contohnya saja rumah Ibu Yanti, rumahnya digenangi air sampai 2 cm dari lantai rumahnya dan halaman rumah menjadi kolam renang anak-anak.

Aktifitas warga Desa Sungai Enau terhenti, terpaksa mereka merelakan ladang padi, jagung, ubi kayu, jahe dan kebun karetnya digenangi air hujan dan air pasang. Kondisi ini sangat berbahaya bagi perekonomian mereka jika terus-terusan hujan berlangsung, “Tambah Suri.

Sa’ur ketua Karang Taruna, mengharapkan masyarakat Desa agar mampu memaksimalkan lahan yang ada dan menjaga kondisi hutan dan gambut agar bisa meredam terjadinya banjir jikala sampai musih hujan datang.

Penulis :Sa’ur

-Sumber

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan