Manfaat Internet di Kawasan Pedesaan

Sungai Enau – “Sistem Informasi Desa (SID)”, Sebuah kata yang tentu sudah tak asing lagi bagihampir setiap pasang telinga di dunia. Kata yang sudah akrab di telinga kita, dari yang muda hingga ke kalangan yang sudah tua, kaya maupun miskin.

Internet menjadi sesuatu yang sudah tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Di zaman yang serba modern ini, Internet memang telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan utama layaknya makanan bagi sebagian masyarakat di dunia, tidak terkecuali Negara kita Indonesia.

Sebelum internet hadir/ada, internet adalah sebuah kata yg paling asing di telinga masyarakat pada umumnya. Ada sebagian masyarakat yang bertanya, internet itu apa? Manfaat dan kegunaan internet untuk apa?

Dan setelah hadirnya Internet dari BP3TI Kominfo, BAKTI dan BP2DK lewat layanan Wifi Nusantara lambat laun kata internet menjadi sebuah kata yang selalu disebut dari yang muda hingga ke kalangan yang sudah tua, Kemudian internet menjadi sesuatu yang sudah tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Karena di jaman yang serba modern ini internet memang telah menjelma menjadi sebuah kebutuhan layaknya makanan bagi sebagian masyarakat.

Baca juga :

Sekarang masyarakat mulai mengenal internet sebagai sumber informasi bukan lagi menjadi sesuatu yang hanya dikenal di masyarakat perkotaan, namun masyarakat di desa mulai mengenal dan menggunakan internet itu sendiri. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pengguna internet yang mengakses Internet di desa-desa kerena berbagai fasilitas sudah disiapkan oleh kominfo.

Adapun manfaat internet yang di rasakan masyarakat sebagai berikut :

-Para petani Mencari informasi tentang bibit unggul, pupuk, atau teknik bercocok tanam yang baik dan segala informasi yang menyangkut bidang pertanian.

-Lewat internet masyarakat dapat Mengetahui waktu yang tepat untuk bertanaman. sehingga dapat mengurangi potensi kerungian yang akan terjadi.

-Masyarakat dapat mengecek harga komoditi (kenari, kelapa, pala dan cengkeh) di pasaran dengan mudah sebelum menjual tanpa harus ke kota.

Tidak hanya itu masih banyak lagi manfaat dari adanya internet ini.

Namun jangan terlena dengan kemajuan zaman saat ini karena tidak menutup kemungkinan dampak nigatif pun menghampiri para kalangan penikmat internet.

-penulis Maryadi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan