Cegah Terjadinya Banjir, Kelompok Bibit Trisakti Lakukan Penghijauan Program Dari BPDas HL Provinsi

Sungai Enau – Dalam rangka untuk mengantisipasi agar tidak selalu terjadi banjir di desa-desa, maka memang sangat penting untuk melakukan penghijauan agar ketika dimusim penghujan banyak pohon yang bisa menyerap air. Sehingga tidak lagi terjadi banjir.

“Dengan menanam pohon akan mendukung daya serap air saat datangnya hujan dan air pasang. Dalam beberapa tahun kedepan kalbar rawan akan banjir terutama di bulan penghujan (akhir tahun)”, ucap Maryadi ketua Kelompok Bibit Trisakti Desa Sungai Enau.

Akhir-akhir ini kita akui bahwa Kalbar sudah mulai memasuki kawasan rawan banjir, maka dari itu diperlukannya suatu upaya untuk mencegah dan mengantisipasi banjir.

Salah satu upaya untuk mengantisipasi terjadinya banjir adalah melalui penanaman pohon yang telah dilakukan oleh masyarakat Desa Sungai Enau. Sebagaimana program penanaman pohon tersebut merupakan program dari BPDas HL Provinsi Kalbar Tahun Anggarang 2019 yang telah diterima oleh Kelompok Bibit Trisakti Desa Sungai Enau.

Pada program tersebut terdapat 20 ribu bibit yang telah disalurkan kepada masyarakat Desa Sungai Enau. Diantaranya bibit jengkol, petai dan sengon.

“Sengon 1000, petai 9000, jengkol 10.000. Misinya adalah untuk mempersiapkan hutan , biar enggak banjir terus”, ungkap Maryadi.

Penanam pohon tersebut memang tidak ditanam secara langsung, akan tetapi dilakukan melalui tahapan, mulai dari perawatan persemaian berskala setelah itu barulah dilakukan penanaman.

Sebagaimana persemaian bibit tersebut dilaksanakan di Dusun Saga Desa Sungai Enau dengan nama Kelompok Bibit Trisakti Desa Sungai Enau Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya.

Penulis : Muhammad Rokib

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan